Minggu, 28 Juli 2013

PURGING ? Baca ini sebelum makin pusing

Apa itu Purging?
Purging atau dengan kata lain "pembersihan".
Pembersihan disini maksudnya pembersihan pori - pori kulit yang tersumbat dari seperti sebum berlebih, sel - sel kulit mati yang menumpuk sehingga menjadi perangkap bakteri penyebab jerawat yang hasilnya proses purging memberikan efek "break out", jerawat terlihat lebih parah dari sebelumnya atau muncul beruntusan.

Penyebab purging?
Proses purging hanya akan terjadi jika kita menggunakan produk yang mengandung
zat exfoliant aktif seperti AHA*,
BHA*, atau
ketika kita memakai produk jenis scrub, peeling, atau retinoid*.

Apa itu?
Zat exfoliant merupakan zat aktif yang membantu pengelupasan sel kulit mati.
AHA (Alpha Hydroxy Acids) ada berbagai macam, ada lima jenis AHA yang muncul di dalam perawatan kulit yaitu glycolic, lactic, malic, citric, dan tartacid acid.
Dari kelima jenis AHA yang paling sering digunakan dan yang paling efektif adalah glycolic dan lactic acid. BHA (Beta Hydroxy Acids) hanya ada satu jenis yaitu salicylic acid. Keduanya sama - sama memiliki kemampuan penetrasi ke dalam kulit untuk membersihkan.
Retinoid bukan termasuk zat exfoliant, retinoid merupakan turunan dari vitamin A, yang diracik diaplikasikan untuk lebih memperbaiki lapisan bawah kulit.
Efek dari menggunakan produk yang mengandung ketiga zat ini akan mengalami proses purging.
Terkadang menggunakan produk herbal juga akan berefek purging di awal.
Walau terkadang bikin panik, ada kabar baik.
Proses pembersihan memang akan memberikan efek break out di awal namun ini untuk menyiapkan kulit yang bersih selanjutnya, dengan perawatan yang rutin tentunya.
Nah..saat ini saya yang pake cream umum yang ada kandungan salicylic acid, exfoliant dan scrub nya gitu...

Kalau tidak menggunakan ketiga bahan di atas tapi beruntusan dan jerawatan?
Errr.... kemungkinan emang kitanya tidak cocok dengan produk tersebut.

Berapa lama sih purging bisa ditoleransi?
Huff...siapin mental ya...
Proses purging pada umumnya terjadi selama 2 - 6 minggu. Hiks...lumayan lama ya? Itu kan tergantung berapa banyak racun yang kudu dikeluarin dari wajah kita. jadi tetap lanjutkan pemakaian krim yang sekarang dipakai, sebagai "penguras" alias "pembersih" wajah kita selama waktu toleransi purging.
Logikanya kaya kalau nguras tangki air, diawal awal air kotornya kan tergantung berapa lama dan banyak kotorannya hilang kan? kalau ngga dikuras abis air kotornya, nanti malah tercampur sama air bersih yang akan dimasukkan dan dipakai dong?
Tapiiiiii...., jika penggunaan selama 3 bulan tidak mengalami perubahan membaik dari proses purging, mending ganti aja produknya karena kemungkinan kulit kita tidak cocok dengan skin care tersebut.

Sharing aja...
aku nulis gini karena LAGI NGALAMIN purging
sumpah, seumur umur baru punya jerawatan kaya boyband gini.
banyakan. mejeng di wajah.
dan beruntusan pulak.
sebelum purging (sebelum pakai krim baru) yang atas ngga pake flash, yang bawah di foto nya siang siang.

tanggal 27 juli 2013
lagi purging, liat deh, ada banyak jerawat kecik kecik di jidat dan geday geday deket idung

tapi hermannya...muka yang biasanya kusem kering kucel sejak berenti pake krim klinik...jadi rada glowy dan lembab aja gitu
kalo dari jauh mah malah keliatan flawless gimana gitu. (tetep, pede ngga abis abis, hehee...)
cuma kalo dari deket...beuh....(hiks...)
Latar belakangnya mau berenti ketergantungan dari cream malam siang warna putih kuning dan toner racikan dokter. Dulu kan obsesi pengen kulit putih aja gitu. sekarang mah pengen yang simpel aja deh. eksotik ngga pa apa deh. Yang penting aman di kantong dan aman nyarinya. gampang ditemui gitu, maksudnya.
Eh... malah beruntusan dan jerawatan gini deh.
Udah sekitar 16 hari (28 Juli 2013).
dan kayaknya masih harus bersabar dan tabah.
semoga beneran purging dan ngebersihin wajah.
ibarat kata... berakit rakit dahulu, berenang renang kemudian
kalo purging, kan kayak gitu.
Kulit wajah dikuras semua racun nya biar bisa pure dan lebih sehat kondisinya.
Yang pasti harus dijaga kebersihan dan kesehatan dari luar plus dalam.
banyak minum air putih, cukup istirahat, plus relax
yang terakhir yang agak susah di aku.
susah relax kalau udah liat kaca, huks.
tapi mau gimana?
mungkin emang ini prosesnya. Masih positive thinking aja deh.
semoga...hehehe
doain ya ^_^

44 komentar:

  1. bedanya purging ama iritasi apa y?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau iritasi katanya sih karena NGGA COCOK
      kalau purging katanya karena lagi PROSES COCOKIN DIRI
      ntar kalau ketemu mbak dokter lagi aku pastiin ya gmana gmananya....thanks ya udah mampir di blog sini... ^_^

      Hapus
    2. knpa ya saya kalau memakai cream sgla cream untuk menghilangkan jrawat tapi malah timbul banyak jrawat dan muka tambah berminyak?

      Hapus
  2. mba, boleh ku copy ya tulisan nya untuk di blog :)

    BalasHapus
  3. Salam kenal mba Rima... Aq baru 4 hari pake fte, ftl, gentle wash, dan stempower dari sk ii. Hmm... 4 hari, kulit udh spt bayi yg baru lahir, tp iyaa sih jd ada jerawat yg nyut nyutan gitu, mungkin gk itu lg purging yah?, dari desember 2013 aq nyobain racikan dokter yg putih kuning, ngga ada pengelupasan, dan mmng jd kinclong kyk syahrini... Tapiii... Kok jd serem ya... Klo baca di bbrp blog. Ktnya konon cream putih kuning itu bukan racikan dktr, itu di beli kiloan dgn hrg Rp.9000/kg nya... Huwaaaa... Serem bgt, ada temen yg berhenti pake gituan, lsng flek hitam, so jd nya aq dgn terisak isak, bilang ke suami... Aq ngeriii, minta ganti sk ii...tapi maaf yaa... Hrg nya lbh mahal pake banget...hiks...hihi...alhamdulillah dituruti... Sempet bingung, eh beli dmn yaaa sk ii? Krn di krw kan gk ada. Ya udah aq bli online yg 30ml dulu lah... Skrg udah 4 hari... Kulit mulai kembali ke aslinya, tp skrg lbh jernih, dan lembut.
    Oya, mba, cuma pake bb cream etude aja kah? Atau sunblok lancome dulu, atau etude dulu? Trus dah gk pake bedak lg kan? Kebetulan dpt oleh2 dr temen yg studi di korea etude yg matte... Lumayaannn...hihi.
    Klo sunblok aq blm punya. Btw aq pake stempower tuh, sm gk sih sama sunblok fungsi nya? Eh, tp kyknya gk ada Spf nya ding, itu cuma spt moistureiser doang... Ah jd bingung, menurut mba gmn?
    Hmm, maaf ya mba kepanjangan

    BalasHapus
  4. mba... aq kan baru smingguan pake tull jye neh... qo adda efek purging gethu yaa mba ???? jadi gatell gethu baru timbul bruntus2 kecil mba di pipi qu...
    ihhhhh takud banget aq mba... qira2 ga papa kah itu mba ??? yg mlm ajja creamx aq coba brenti make tappi masih tetep..... sedihx aq mba beli cream mahal bgt skalix bgitu...
    minta saranx naa mba ?? atau aq hrus sabar dullu kah karna aq baca ulasan mba diatas barusan ??????? ato aq beralih cream ajja ????

    BalasHapus
    Balasan
    1. tulljye sama tjefuk tuh katanya ada mercurinya lho, guru" aku dlu pake merk" itu tp sekarang mukanya banyak flek hitamnya hampir semuka . jd disaranin jgn deh lebih baik pake yg lain aja . skrg ada banyak produk indonesia yg ber bpom dan udah terkenal :)r*tu s*l*, th***skin dll

      Hapus
  5. Sis itu purging gatel g ya? Jerawatnya kcl2 ato pake ad yg bsr2 guede merah nyut2an dan agk dalem?

    BalasHapus
  6. Mba mw tny aq pk wardah white secret sehari pakai kok muncul bruntusan itu krn purging atau ga cocok mohon jawabannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu purging kak soalnya WARDAH WS itu mengandung AHA sprti salicyl acid.

      Bantu jawab

      Hapus
    2. Aku juga mbak... Pake facial washnya kok ada jerawat meradang.. tapi cepet kering sih

      Hapus
  7. Kak Rima, menurut kakak kalo wardah itu gimana? Aman kah mbak?

    BalasHapus
  8. Aku pake Jafra dari @jafrabywinda di instagram ngalamin purging juga ini. Setelah aku liat latar belakang skin carenya apa ada yg salah apa enggak, ternyata enggak Soalnya sebelumnya aku pake krim klinik kecantikan di solo el*a sama e*ha selama 2 tahun lebih. Jadi mungkin racun racunnya numpuk di wajah. Ini lagi pembersihan di wajah tapi tetep semangat soalnya udah hijrah ke yang lebih baik insyaAllah.

    BalasHapus
  9. mbak aku mau nanya. mukaku berminyak dan jerawatan. 3hari yg lalu aku pakai sabun muka jf sulfur acne care. lalu muka kamu bagian dagu dan pipi beruntusan kecilkecil ada nanahnya gitu disertai gatel dan panas dengan jumlah yg tidak sedikit. apa itu termasuk purging juga ya mbak? trimakasih

    BalasHapus
  10. kl aq ini lg ngalamin purging krn sebelumnya aq pake krim racikan salon no bpom, skrg pake kitoderm sdh bpom halal.

    BalasHapus
  11. Hayyyy girls! Aku kan pake skin care nih udh lama sekitar 5tahun dan skrg2 ni aku berniat berhenti pake skin care soalnya kulitku udh tipis dan aku males aja pake skin care lg. Aku putusin berhenti skin care, dan skrg muncul bruntus2 gtu. Itu namanya purging ya kak? Bakal ilang kan ka?

    BalasHapus
  12. Hay..gussyy
    Mau sharing saja
    aq pke cream dok nan**ha ini beralih yg whitening cream 2, muncul bruntusan kecil gt..
    duh malaj jelek deh liatnya
    ganti dok gnti resep..
    apa itu gpp kah?
    Diterusin saja atau stop
    mohon sarannya

    BalasHapus
  13. Aku rekomendasikan pakai ms glow produknya udah jelas bpom ada pabriknya juga bahan2nya juga jelas ketika memakai produk ini juga harus telaten karena diawal pemakaian muncul jerawat banyak dan komedo dimana mana namun apabila telaten akan terlihat hasilnya memuaskan aku udah cobain sendiri

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mba aku pke ms glow baru seminggu eh keluar beruntusan kecil2 dan gatal knp ya....d teruskan tau tidak

      Hapus
    2. Say..z jg pake ms glow...di aagen resminya z beli..dh 5 bln z pake...bln 1-3 jerawat n bekasnya dh mw pudar..tp pas bulan k 4-5..jerawatku naik berutusan n jerawat batu besar" lagi n merah😭😭....apa prodak ms glow dh makin gak bagus kah say...z ikuti kata agennya ...klu siang pake crem sj..mlm pake toner.crem clinik.n crem acne....z dh punya bnyak prodak ms glow di sini...ada radiance.red jelly.spot.serum acne..tp agennya suruh hentikan dulu...fokus Ama yg Dy blg..tp ko makin jadi jadi ya jerawatnya..mw kluar rumah malu Ama org😭😭...solusinya apa ya ..mohon bntuannya

      Hapus
    3. Aku jugaaaa tambah parah pake ms glow ini purging apa emg ga cocok yaaa

      Hapus
  14. Aku kayaknya lagi purging juga, udah sebulan lebih 😭
    Awalnya aku pake skincare ga berBPOM kayaknya, trus skrng aku pake MD glowing,skincarenya bagus, wajah jadi cerah dan lembab tp bruntusan penuh diwajah. Mudah2an itu lagi proses purging.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Skrng gmna mba?aku jg pke md glow 1-3blbn aman² saja knp ke 3bln nya malah beruntusn gitu, mudh2n itu purgring. Jd galau

      Hapus
  15. kalau keluar kecil2 kaya biang keringat gimana ? dan itu perih juga ya sakit kalau kena sunblok. akk pake tretenoid nih udah 1 bulan. kira2 purging berapa lama ?

    BalasHapus
  16. Aku udah sebulan ini pake paket acne white dr Md glowing..tp udah 2minggu koq muncul bruntusan kecil" hampir seluruh muka n makin lama makin banyakπŸ˜‘πŸ˜‘πŸ˜‘ akhirnya aku berentiin ajah takut..soalnya sebelum pake md glowing ini aku pake skincare korea campur" alhamdulillah baik baik ajah. Ini sebenernya tegiur krn pengen cepet putih tp malah gak cocokπŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

    BalasHapus
  17. Aku baru 5 hari pake krim Mi****a dan aaku muncul beruntusan dri hari ke dua pake.. liat di website katanya gak cocok kalau muncul bruntus.. tp baca disini katanya lagi purging.. jd bingung.. sarannya dong.. soalnya bruntusnya di dagu banyak merah2.. jadi terasa kaku, iyah sih sebelumnya saya pake krim dokter entahlah berBPOM atau gak soalnya udah bnyak yang pake aman2 ajah.. ini aku pindah karena udah berBPOM sama alami.. tp malah beruntusan, gimana dong.. mnta sarannya mba..😣😣😣

    BalasHapus
  18. Saya saat ini sdg mengalami proses purging trsbt, alhamdulillah dgn telaten dan percaya dgn produk yg saya pakai sedikit demi sedikit kulit wajah kembali normal, yg pasti bukan menjadikan wajah putih pucat namun putih alami. Yg saya rasasakan awal pke kluar bruntusan diwajah setiap hari selalu bertambah namun karna saya telaten selama kurg lebih 2bulan menggunakan Cleanser collagen dari Nasa yg sdh berBPOM kulit kembali sprti normal walaupun dlm prosesnya memang sgt membutuhkn kesabaran yg lebih. Alangkah baiknya kita bisa membedakan mana yg sedang mngalami proses purging/detox atau yg sdg mengalami efek samping dri cream2 trsbt :)

    BalasHapus
  19. Facial wash bisa menyebabkan purging juga?

    BalasHapus
  20. Oh jadi kalo ada kandungan BHA itu akan menimbulkan purging . Berarti ttep lanjutinya yah klo jerawat timbul semakin banyak itu tandanya pengurasan gitu bukan kak?

    BalasHapus
  21. Aku baru 4 hari pakai wardah white secret, tp ada beruntusan dan rada gatal2 gitu. Mudah2n itu pureging ya? Soalnya aku pengen berhenti pakai krim racikan. Aku ngeri liat temen yang udah 9 tahun pergi kesalon kecantikan dan kulitnya menipis, malah wajahnua jadi ada bintik2 hitam gitu terus timbul beruntusan. Mudah2n beruntusanku gak lama ya😁.. Semoga aku cocok menggunakan wardah white secret

    BalasHapus
  22. Mba aku mau nanya,aku udah pke msglow lama dan alham hasilnya bagus tapi beberapa hari ini kok tbtb ganti wajahku jadi item kusam dan dipipiku ini merah².kasih solusi mbaa?

    BalasHapus
  23. Ada yg nyebut 1 brand yg lagi ku pake juga.mslh ku jg sma lg jerawatan. To aku blm rutin mlakukan skincare.pagi siang sore n malam.aq rajin aja cuci muka sesering klo pas lg kusam.jerawat tsb muncul lg stlah menggunakan krim tertentu.hrsnya ga mnghambat skincare jerawatnya. Walau lg polusi atau kena asap.jd knp msh ragu ke dokter muka yah.

    BalasHapus
  24. Kak mau tanya aku kan pakek krim siang wardah yang ligtning itu muncul bruntusan"gitu kak, apakah purging ataukah breakout???
    Mohon penjelasannya kak

    BalasHapus
  25. Saya pakai ms glow semingguan ini tapi muncul komedo, jerawat banyak gede2 pula. Muka juga makin kusem. Sebelumnya aku pakai skincare ga berbpom, mungkin karena itu ya banyak racun dikulitku terus akhirnya purging?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya sama kak, aku sebelumnya juga pake skincare lc beauty blm bpom juga. Trus aku netralin wajahku selama seminggu abis itu baru make ms glow baru 5 hari make kluar jrawat dan kusem bgt nih wajah huhu

      Hapus
  26. kalo pake bedak kollagen siang malam abis tu ganti ke bedak eshter gold kok jerawat ku makin parah ya sebelum nya gk jerawatan kok jadi bertambah, itu proses purging atau gimna, dan menurut sumber yg aku baca purging itu pembersihan sel sel kulit mati dan pengeluaran racun di wajah kita, mungkin kali ya aku sedang proses purging dikarekan bedak kolagen yg aku pake dulu? minta saran dong

    BalasHapus
  27. Mba muka saya setelah memakai produk baru kok ada rasa sedikit gatal ya dan bruntusan kecil, apa termasuk purgig ya

    BalasHapus
  28. Mau tanya dong mba kalo di facial fash ada kandungan Salicyd acid itu apa ada kemungkinan purging juga ya?

    BalasHapus
  29. Kak semenjak aku keluar smk muka ku jd gampang bgt jrwatan dan saat itu aku pake WARDAH yg brightening emg ccok di muka ku yg kusam wktu zaman skolah jd cerahan, cuma jerawatku emg slalu muncul stiap yg satu udh mau kempes dtg lagi satu/dua selalu begitu. Jdi skrg aku kewalahan ngilangin bekasnya aku cape krna bnyak bgt bekas nya. Jd Pas 26 juni ini wajahku kbtulan lgi sdikit jrwat cuma di jidat aku coba beli WARDAH ACNEDERM SERIES aku pikir bakal bisa ng stop jrwat aku yg slalu muncul. aku udh cobain smpe skrg kurleb 2 bulanan ya, tp yg aku rasain jrawat nya tuh ttep dtg jdi klo dlam grafik nya tuh naik turun misalnya hari 1 jrwatan smpe hari ke 3 hari ke 4,5 tuh gada jrwat pas hari ke 6-9 tuh ada lagi gtu aja terus smpe skrang kak. Itu ganggu bgt smpe mmah aku bilang kok smpe sgininya soalnya baru bgt jrwatan separah ini makin hari makin banyak dan makin sering. Itu purging atw ga cocok ya kak? Mohon di jawab ya udh hopeless bgt lanjut atw gmna sm produk ini:( btw stlah pake produk ini mukaku jdi sensitive kombinasi gitu.

    BalasHapus
  30. Mba aku mau nanya aku pake wardah acnederm untuk jerawat tapi bukanya sembuh malah tambah banyak jerawatnya dan beruntusan itu termasuk purging atau iritasi ya?

    BalasHapus
  31. Mba aku baru pakai wardah lightening langsung gatal"& merah...
    Itu purging apa ga cocok??

    BalasHapus
  32. Mba aku mau tny dong aku baru pakai wadah white secret slma nelasanntahun aku pakai skincare dr rasanya lelah dan ingin kembali ke produk yg ringan aman² saja,,, nah aku dlu mudah berjerawat stlh aku pakai produk ms glow akhirnya kembali ke dr bagus lagi,,,tpi saat ini sy memutuskam utk berhenti dari krim dr pertamyaan saya apabila sy memgalami purging gejala apa saja yg ditimbulkan dam brp lama prosesnya???? perbedaan gjla furging dan tdk cocok apa yaa?? terimaksih

    BalasHapus